Definisi dan Manfaat NLP untuk Optimasi Konten Marketing

Foto: pixabay.com

Teknologi NLP sebagai kecerdasan buatan AI memungkinkan pelaku digital marketing meningkatkan traffic, membuat konten yang disukai dan iklan tertarget

Pernahkah Anda membayangkan sebagai manusia diri Anda akan tergantikan oleh robot? Dulu hal seperti ini terlihat hanya seperti tayangan film-film Hollywood semata, tetapi saat ini semua itu sudah menjadi nyata.

Kok bisa?

Itulah keunggulan teknologi kecerdasan buatan artificial intelligence (AI). Salah satu cabangnya yang akan kita bincangkan kali ini adalah NLP atau Natural Language Processing.

NLP ini ternyata memberikan manfaat besar untuk perkembangan bisnis di seluruh dunia. Bagaimana mekanismenya? Sebelum saya menguraikan manfaat NLP untuk konten marketing, kita ketahui dulu sebenarnya apa sih NLP itu dan bagaimana proses kerjanya.

Daftar Isi

1.     Apa itu NLP?

2.     Bagaimana Cara Kerja NLP?

3.     Manfaat NLP untuk Digital Marketing

4.     Analisa Sentimen

5.     Meningkatkan Traffic

6.     Iklan Tertarget

7.     Meningkatkan Audiens

8.     Conversational Intervaces

Apa itu NLP?

Seperti namanya, NLP ini merupakan teknologi yang digunakan untuk memproses bahasa manusia yang bersifat natural agar lebih bisa dipahami oleh komputer.

Teknologi ini memungkinkan sebuah sistem komputer membaca teks, mendengarkan ucapan manusia, menafsirkan, mengukur sentimen hingga menentukan dan menganalisa bagian mana saja yang penting.

Sebagai contoh sederhana pernahkah Anda memperhatikan kerja tools penerjemahan seperti Google Translate misalnya?

Bagaimana sistem komputer membaca, mendengarkan hingga menafsirkan dengan versi sistem komputer sehingga lebih terlihat natural dan dipahami manusia.

Bagaimana Cara Kerja NLP?

Foto: socs.binus.ac.id

Secara umum teknologi NLP ini bekerja dengan cara memecah sebuah bahasa menjadi unsur-unsur yang lebih pendek.

Lalu mencoba mencari hubungan antara potongan-potongan tersebut dan menjelajah lagi untuk menemukan bagaimana agar potongan tersebut mampu menghasilkan makna.

Pada level yang lebih tinggi lagi, NLP ini memungkinkan untuk:

·         Merangkum dokumen dalam jumlah teks yang besar

·         Menjadi mesin penerjemah

·         Mengkonversi teks menjadi ucapan dan ucapan menjadi teks

·         Menganalisa sentimen pengguna

·         Mengekstraksi secara kontekstual dari sumber teks

·         Mengelompokkan konten

·         Melakukan penemuan serta pemodelan sebuah topik

Fungsi yang sangat detail dan kompleks di atas secara langsung bersinggungan dengan kebutuhan digital marketing saat ini.

Itulah sebabnya saat ini banyak pemasar yang melakukan optimasi pemanfaatan NLP untuk bisnis di dunia maya yang lebih tertarget, efisien dan menguntungkan.

Kembali ke manfaat tadi, kita akan bahas lagi seperti apa pemanfaatan NLP ini untuk dunia digital marketing, apa pengaruhnya untuk sebuah penyusunan konten marketing dan sebagainya.

Manfaat NLP untuk Digital Marketing

Foto: doc pribadi

Pada dasarnya kemampuan NLP untuk mengumpulkan, melakukan proses, hingga menganalisa data dari google, kunjungan sebuah website hingga situs media sosial menjadi fungsi penting pemanfaatan NLP tersebut untuk dunia digital marketing.

Secara detail, inilah manfaat NLP bagi optimalisasi digital marketing:

1.     Analisa Sentimen

Teknologi NLP memungkinkan Anda memiliki sistem di dunia maya yang memungkinkan Anda untuk melihat, mengumpulkan, menganalisa fakta-fakta sentimen yang muncul dari audiens Anda.

Apakah konsumen suka atau tidak, bagaimana perasaan konsumen terhadap sebuah produk yang ada bisa dilihat dengan menggunakan teknologi ini.

Apakah pasar memberi respon positif atau malah sebaliknya. Anda bisa mendapatkan petunjuk informasi bagaimana sentimen yang muncul dari produk yang ada di pasaran.

Hal ini tentu akan sangat membantu strategi digital marketing yang Anda bangun.

Sistem yang terintegrasi dengan sempurna menjadi pemberi informasi bagi para pemasar yang sedang riset atau mengevaluasi strategi.

Bayangkan jika analisa ini dilakukan oleh manusia, berapa lama pengerjaannya, berapa biaya yang dibutuhkan, dan sudah pasti kemampuannya tidak akan sehebat teknologi NLP itu sendiri.

2.     Meningkatkan Traffic

Bagi pelaku internet marketing, traffic adalah hal yang dimaknai sebagai korelasi keuntungan tersendiri.

Secara singkat bahkan bisa diartikan, pengunjung adalah uang.

Bagaimana cara meningkatkan pengunjung, adalah rahasia penting bagi pelaku internet marketing untuk meningkatkan omset.

Nah, di sini ternyata peran NLP sangat dibutuhkan. Teknologi ini mampu menawarkan identifikasi dari beberapa kata kunci yang relevan untuk selanjutnya menjadi pertimbangan penting Anda dalam membuat konten.

Kata kunci kaitannya dengan SEO yang akan menentukan posisi website Anda di mesin pencari.

Semakin Anda mengoptimalkan NLP, riset kata kunci Anda akan semakin tepat sehingga berdampak pada peningkatan traffic.

3.     Iklan Tertarget

Sebenarnya bagaimana sebuah Ads bekerja secara tertarget bukanlah hal yang baru. Media sosial raksasa seperti facebook misalnya sudah mengimplementasikan fungsi dari teknologi NLP ini.

Namun, pada akhirnya mereka yang menggunakan teknologi NLP inilah yang akan mampu menciptakan konten berkualitas yang disukai pasar.

Konten tertarget yang memang sesuai dengan kebutuhan riil pasar. Teknologi NLP telah mampu mengidentifikasi kebutuhan personal seseorang terhadap pasar sehingga menjadi masukan bagus bagi dunia industri sebagai penyedia produk.

Di London jauh-jauh hari telah dikampanyekan hal besar ini. Pengiklanan masa depan adalah didasarkan pada optimasi teknologi NLP sebagai bagian dari AI.

4.     Meningkatkan Audiens

Kemampuan teknologi NLP untuk mengkonversi sebuah teks menjadi ucapan (audio) dan sebaliknya telah memberikan kesempatan lebih besar pelaku digital marketing meraih audiens lebih banyak.

Saat ini data transaksi di internet bukan hanya yang berbentuk tulisan saja, tetapi juga dalam bentuk audio.

Penelusuran suara yang bisa dilakukan oleh NLP telah memungkinkan teknologi ini mengidentifikasi konten-konten mana saja yang lebih disukai audiens.

Hal ini juga akan membantu para pemasar dalam mempertimbangkan produksi konten seperti apa yang akan dibuat.

5.      Conversational Interfaces

Alexa Amazon merupakan layanan chatbot yang mampu mencatat preferensi para pelanggan serta mampu memberikan rekomendasi yang disesuaikan secara personal.

Apa yang menarik dari teknologi ini bagi pemasar pelaku digital marketing?

Antar muka percakapan dengan tenaga AI kini memungkinkan interaksi komunikasi antara manusia dengan teknologi.

Teknologi ini pula yang sangat dibutuhkan oleh para pemasar dalam berinteraksi dengan pelanggan.

6.     Visual AI

Di tahun 2017 Amazone sempat merilis asisten pintar bernama Echo Look. Fitur kamera ini mampu mengidentifikasi apakah seseorang sudah cukup  bagus dengan pakaian yang digunakannya.

Lalu merekomendasikan model pakaian seperti apa yang seharusnya dipakai.

Fitur visual ini menjadi salah satu layanan penting bagi para pemasar untuk memastikan produk dan konten yang disediakan telah mampu menjawab kebutuhan analisa yang dilakukan.

Sayangnya kemudian Amazone menghentikan teknologi ini dengan alasan telah mengintegrasikannya dengan layanan Amazone shopping.

Apapun itu, bukti bahwa teknologi AI dan NLP menjadi bagian penting bagi revolusi para pelaku digital marketing.

Bagaimana para pemasar secara efektif dan efisien mampu memanfaatkan teknologi ini untuk kebutuhan bisnisnya.

Beberapa rangkuman tentang pemanfaatan NLP untuk konten marketing di atas dapat menjadi panduan bagi Anda untuk mulai memanfaatkan berbagai fitur dengan tenaga AI tersebut.

Teknologi terus berkembang dan kini robot ciptaan manusia bisa melebihi kepintaran manusia tanpa harus lelah dan terbatas waktu.

Efisiensi biaya, tenaga, waktu, dan pertimbangan hasil yang lebih maksimal agar dirasakan oleh pemasar.

Apakah bisnis Anda saat ini telah mengoptimalkan pemanfaatan NLP ini untuk efisiensi digital marketing? Cobalah memulainya sebab persaingan teknologi menjadi inti dari kemajuan bisnis saat ini.

(Dikerjakan 2 jam. Artikel ini dikerjakan  untuk Uji Penulisan Advanced Saung Writer)

Sumber:

Tommi. 2020. Artikel. Dikutip dari https://www.frase.io/blog/how-is-nlp-impacting-content-marketing/

Derwin Suhartono. 2020. Makalah. Dikutip dari https://socs.binus.ac.id/2013/06/22/natural-language-processing/

Wartaekonomi.2019. Artikel berita. Dikutip dari

https://www.wartaekonomi.co.id/read228736/5-cara-mudah-pendekatan-pemasaran-menggunakan-ai

Sas.com, 2019. Artikel. Dikutip dari https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-natural-language-processing-nlp.html

Monica Tan, 2021. Artikel. Dikutip dari https://taptalk.io/blog/customer-experience-lewat-content-intelligence/

 


Posting Komentar

0 Komentar