Pengalaman Pakai QRIS, Bayar Lebih Cepat, Hemat Nggak Pakai Antre

 

Saat ini metode pembayaran makin praktis dan fleksibel lho. Nggak cuma transfer melalui ATM atau via kartu kredit, kamu juga sudah mencoba gimana serunya bayar pakai QRIS. Lebih mudah, cepat, simple, dan banyak untungnya.

Buat kamu yang belum tau apa aja manfaat dari QRIS ini, saya akan berbagi pengalaman gimana sebenarnya manfaat kalau bayar pakai QRIS.

Apa itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR secara nasional. Layanan ini fungsinya memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. QRIS telah diluncurkan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu.

QRIS adalah terobosan baru bagi sistem pembayaran non tunai yang lebih simple dan praktis. Nggak cuma bagi kalangan penjual yang menikmati keuntungannya, kamu yang customer pasti juga merasakan untungnya pakai layanan pembayaran yang satu ini.

Dikutip dari website resmi Qris.id, layanan QRIS ini telah digunakan di 416 kabupaten dan 98 kota di seluruh Indonesia. Semakin orang tau manfaatnya, semakin banyak yang beralih ke sistem pembayaran QRIS.

Cara Kerja Pembayaran Menggunakan QRIS

Gimana mekanisme pembayaran menggunakan QRIS? Mungkin kamu masih banyak yang belum pernah mencobanya.

Perangkat yang perlu kamu perlukan untuk pembayaran dengan QRIS ini adalah smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Selanjutnya di dalam smartphone tersebut kamu memiliki aplikasi e-wallet atau mobile banking yang menggunakan metode pembayaran QRIS di aplikasinya. Jika itu sudah tersedia, maka kamu bisa dengan cepat dan mudah bayar pakai QRIS.

Cara menggunakan QRIS simple aja. Kamu cukup scan kode QR yang sudah disediakan merchant tempat kamu melakukan transaksi.

Scan kode tersebut bisa menggunakan e-wallet atau mobile banking yang kamu miliki. Di e-wallet atau mobil banking biasanya sudah tersedia layanan scan QRIS.

Silakan kamu aktifkan dari sana. Pembayarannya simple dan cepat. Saldo kamu akan langsung terpotong setelah melakukan scan kode QR.

QRIS Bisa Dipakai Dimana Aja?

Layanan pembayaran QRIS ini bisa dipakai di mana aja. Tempat-tempat seperti toko, mall, kantor, parkir, toko, kedai, dan sebagainya bisa menggunakan layanan QRIS sebagai cara bayar.

QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja. Bank-bank terkoneksi otomatis dan saldonya akan terpotong untuk proses transaksi pembayaran. Kalau kamu berkunjung ke restoran atau toko misalnya, saat ini layanan QRIS telah banyak jadi pilihan cara bayar. Lebih mudah dan cepat dalam proses pembayarannya.

Manfaat QRIS Buat Customer

Nah, saya akan bicara inti dari uraian saya di artikel ini tentang manfaat pakai cara bayar QRIS. Baik sebagai konsumen maupun pedagang, sama-sama diuntungkan lho dengan penggunaan QRIS ini.

Khusus untuk kamu para konsumen, simak beberapa manfaat yang saya sampaikan berdasarkan pengalaman berikut ini:

1.Nggak Perlu Kembalian

Suatu ketika saya pernah berkunjung ke sebuah toko. Di toko itu saya menyaksikan perdebatan antara pembeli dan si penjaga toko.

Rupanya si pembeli ini tidak terima karena uang sisa belanjanya dikembalikan dalam bentuk permen beberapa buah. Dia minta uangnya dikembalikan dalam bentuk uang.

Alahasil terjadilah perdebatan. Keduanya sama-sama ngotot dengan prinsipnya masing-masing.

Dari situlah saya beri tahu ke pemilik toko, supaya memakai layanan pembayaran yang lebih simple dan nggak bikin polemik. Buat pembeli pun lebih untung pakai QRIS karena nggak perlu ribet minta kembalian.

Jadi saya sampaikan pakailah QRIS. Cara pembayaran yang bikin tenang dan adil. Nggak perlu nuntut ini dan itu karena kalau pakai QRIS potongannya pas, nggak perlu lagi transaksi tunai. Bikin untung semua orang bukan?

2. Nggak Perlu Ribet Bawa Uang Tunai

Kamu mau belanja sekian juta di mall atau gerai tertentu pastinya repot dan khawatir kan kalau bawa uang tunai? Nah, cara bayar yang aman dan praktis tentu aja pakai QRIS.

Cukup kamu scan kode QR melalui e-wallet atau mobile banking, saldo kamu akan terpotong otomatis dan pas untuk proses pembayaran. Mau kemana-mana jadi lebih mudah tanpa uang tunai.

3. Transaksi Gratis

Berapa biaya QRIS? Kamu mungkin bertanya kalau transaksi melalui QRIS ini apakah dikenakan potongan atau tidak.

Saya sampaikan ke kamu semua, untungnya pakai QRIS ini biayanya gratis. Kalau misalnya kamu transfer bank dan beda bank udah pasti biaya transfernya lebih besar.

Namun, kalau kamu pakai QRIS bisa praktis dan gratis. Benar-benar menguntungkan secara biaya.

4. Lebih Praktis dan Kekinian

Bayar pakai QRIS udah pasti kesannya kekinian. Dulu orang bayar pakai kartu kredit kesannya udah sangat canggih dan praktis, tetapi sekarang cara bayar QRIS telah mengganti image orang. Cara bayar yang canggih dan kekinian sekarang ini QRIS lho.

Proses pembayarannya pun praktis dan cepat. Kamu nggak perlu antre lama di depan kasir. Cukup scan kode QR dan transaksi pun bisa berlangsung cepat dan otomatis. Kamu bisa lebih menghemat waktu berbelanja, nggak perlu lagi menunggu uang kembalian yang kadang mengundang perdebatan.

5. Mengurangi Risiko Kejahatan

Bawa uang cash kemana-mana dalam jumlah banyak memunculkan peluang risiko kejahatan yang lebih besar. Kalau kamu bayar pakai QRIS, kamu bisa jalan dan bepergian cukup hanya dengan membawa ponsel aja.

Kamu hanya perlu mengamankan akses e-wallet atau mobile banking milik kamu agar tidak diakses secara tidak bertanggung jawab oleh orang lain. Amankan dan kamu pun bisa lebih bebas dari risiko kejahatan di jalanan.

Lalu Apa Manfaatnya Buat Pemilik Usaha?

Bagi pemilik usaha manfaatnya nggak perlu kamu ragukan lagi. Selain membantu lebih praktis tanpa harus repot dengan uang kembalian, metode pembayaran pakai QRIS ini juga mengurangi risiko mendapatkan uang palsu.

Uang yang kamu terima udah pasti asli dan langsung dari e-wallet atau mobile banking terkait.

Pakai QRIS ini juga bisa bikin branding toko kamu lebih baik. Bisa kamu pantau setiap saat proses pembayarannya. Lebih mudah, aman, dan praktis tentunya.

Bagaimana Cara Daftar QRIS?

Nah, kalau kamu pemilik usaha, penting banget sekarang ini untuk membuat QRIS. Layanan ini untuk mempermudah usaha bisnis sekaligus meningkatkan branding pada usaha yang kamu kelola.

Cara buat QRIS paling mudah bisa kamu lakukan di SooltanPay. Lebih mudah dan banyak untungnya.

Bikin QRIS di SooltanPay memiliki keunggulan yakni:

  • Proses pembayaran lebih cepat dengan mendapatkan QRIS fisik.
  • QRIS gratis MDR 0 persen.
  • Upgrade akun cukup 1 hari udah jadi.
  • Pelayanan cepat dan bersahabat.

Mau buat QRIS terbaik untuk bisnis usaha kamu, klik aja cara buat QRIS disini  untuk pendaftaran. Lebih mudah, simple, dan untung.

Mau bisnis lebih dilirik orang, kini kamu juga harus mengelolanya dengan teknologi kekinian. Mau belanja di mana aja, kamu juga harus tau dan bisa memakai cara bayar non tunai yang kekinian.

QRIS adalah solusi untuk cara bayar non tunai yang lebih mudah, aman, dan menguntungkan.

Udah nggak usah mikir, daftar QRIS sekarang untuk usaha kamu. Dapatkan potensi transaksi yang semakin meningkat dengan cara bayar yang canggih dan beragam.

Posting Komentar

0 Komentar