10 Penulis Riau Penuh Inspirasi, Lintas Generasi Muda Hingga Senior

 

Riau bisa dibilang pabriknya penulis. Penulis dari berbagai latar belakang tumbuh subur di setiap generasi. Penulis-penulis tersebut tidak hanya berkiprah untuk dirinya, tetapi juga mengembangkan komunitas, bergiat di masyarakat dan melahirkan karya-karya inspirasi.

Nah, di edisi kali ini, novelisriau.com akan menyajikan setidaknya 10 orang penulis inspiratif asal Riau yang punya kiprah besar untuk perkembangan literasi, siapa saja mereka?

11. Kunni Masrohanti

Perempuan supel yang hobi berpetualang dan mendaki gunung ini dikenal dengan puisi-puisinya. Menjelajah Riau dan Indonesia dengan karya-karya puisi untuk mengembangkan literasi. Menyebut acara sastra di Riau tak bisa lepas dari nama pengarang yang satu ini. Meraih banyak penghargaan lokal dan nasional, Kunni sapaan akrab perempuan asal Kabupaten Siak ini menjadi salah satu penulis Riau paling inspiratif tahun ini versi Novelis Riau.

22. Bambang Kariyawan

 

Penulis yang tak kalah hebatnya dengan latar belakang dunia pendidikan adalah Bambang Kariyawan. Hari-hari menggiatkan literasi, di sekolah, di masyarakat, itulah aktivitas rutin lelaki yang juga pengurus Badan Pengurus Pusat (BPP) Forum Lingkar Pena tersebut. Dikenal sebagai sosok sederhana dan tepat waktu, Bambang sapaan akrab beliau juga dikenal sebagai sosok paling apresiatif terhadap karya-karya sastra di Riau. Bisa dibilang di setiap acara bedah buku atau karya pengarang Riau, ia selalu menjadi narasumbernya. Sepanjang tahun ini, Bambang Kariyawan masuk dalam daftar penulis paling inspiratif versi novelisriau.com.

N   3. Naya R

Perempuan muda yang bekerja di Balai Bahasa Provinsi Riau ini dikenal dengan karya-karya novelnya yang bestseller di aplikasi KBM. Memiliki ribuan pembaca tak membuat penulis berdarah Minang ini sombong, sebaliknya ia selalu tampil low profile dan menginspirasi. Karya-karyanya seputar cerita-cerita kehidupan rumah tangga sukses disukai ribuan pembaca laki-laki dan perempuan.

4  4. Reni Juniarti

 

Bukan hanaya penulis, perempuan yang berprofesi sebagai dose nasal Rokan Hulu ini juga dikenal sebagai penggiat literasi di Kabupaten Rokan Hulu. Menulis novel, puisi, dan esai dengan latar belakang akademik yang kuat. Kak Re, sapaan akrab perempuan ini juga menggerakkan literasi di Rohul melalui komunitas Forum Lingkar Pena. Dedikasinya mengembangkan kepenulisan di daerah jadi inspirasi tersendiri untuk para penulis lainnya.

5 5. Arlen Araguci

Dikenal sebagai seorang jurnalis, Arlen Araguci juga mencintai kepenulisan cerpen dan novel. Ia dikenal sebagai seorang penulis yang kritis memberi masukan kepada penulis lainnya. Dengan pengalamannya yang sudah cukup matang di dunia kepenulisan, Arlen sapaan lelaki ini sering jadi idola di acara-acara bedah karya literasi. Walaupun sedikit hangat, kritikan Arlen terbukti efektif membantu peningkatan kualitas tulisan penulis baru.

66. Rida K Liamsi

Generasi senior yang sepanjang waktu memberikan inspirasi kepada generasi di bawahnya bisa dibilang terlihat dari Datok Rida K Liamsi. Kegigihan dan ketekunannya dalam melahirkan karya berkualitas, tunaknya beliau di dunia sastra adalah inspirasi besar kepada penulis-penulis di Riau. Deretan karya novel sejarah Datok Rida adalah referensi bacaan bergizi untuk mereka yang ingin tahu banyak hal tentang sejarah Melayu.

7. Yendra Chen

 

Dosen muda asal Kabupaten Indragiri Hulu tersebut memiliki kiprah kepenulisan di organisasi Forum Lingkar Pena. Bergerak bukan hanya untuk melahirkan buku pribadi, pria yang sedang menempuh pendidikan doktor tersebut juga tercatat sebagai penggiat literasi. Menulis novel dan buku nonfiksi yang menginspirasi di tahun ini, membuat pria yang hobi mendaki tersebut masuk dalam daftar 10 penulis Riau inspiratif tahun ini.

     8. Yudi Muchtar

 

Punya bakat yang bagus di bidang cerpen dan puisi, Yudi Muchtar menginspirasi lewat kegigihannya membangun rumah baca di daerah kepulauan di Indragiri Hilir. Ia membangun rumah baca dengan biaya swadaya yang ia manfaatkan untuk masyarakat sekitar. Yudi juga meraih berbagai penghargaan kepenulisan, aktif berkegiatan literasi di organisasi untuk mengkampanyekan menulis.

9 9. Zahrah Muthia

Seperti Naya R, Zahra Muthia juga seorang novelis yang berkarir di platform digital. Menulis tema-tema novel keluarga yang inspiratif membuat perempuan berdarah Minang tersebut memiliki banyak pembaca dari kalangan perempuan. Selain menulia ia juga berkegiatan sebagai penggiat literasi di komunitas kepenulisan. Profesinya sebagai ibu rumah tangga tak membuat ia terhalang untuk berkegiatan literasi.

10.Nafi’ah al-Ma’rab

 

Konsisten menulis novel, perempuan berdarah Jawa ini juga aktif berkegiatan di komunitas literasi. Sehari-hari ia bekerja sebagai penulis konten dan aktif membina kelompok-kelompok kepenulisan. Ia menulis puisi, artikel, dan cerpen. Nafi’ah saat ini juga aktif di kepengurusan Forum Lingkar Pena tingkat pusat yang ada di Depok, Jawa Barat. Ia memiliki totalitas kegiatan hidup di bidang literasi, dari mulai pekerjaan, hobi, dan kegiatan sosialnya di masyarakat semuanya terkait dengan dunia tulis menulis.

Nah, deretan nama penulis di atas adalah orang-orang yang menginspirasi kamu semua untuk menulis. Nggak cuma nulis, tapi juga berkegiatan literasi ya alias mengajak orang lain juga untuk terlibat.  Kamu siap jadi bagian penulis inspiratif tahun ini?

 

Posting Komentar

0 Komentar