Sundance Film Festival Asia 2021: Kompetisi Film Pendek IDN Media untuk Insan Perfilman Indonesia

Kabar baik bagi pelaku perfilman di Indonesia, kesempatan untuk meraih penghargaan bergengsi. Buat kamu yang jago bikin film pendek, jangan lewatkan peluang ini. 

Melalui rangkaian Sundance Film Festival: Asia 2021, XRM Media dan IDN Media mengumumkan sebuah kompetisi film pendek yang disponsori oleh Argo selaku platform streaming dan kurator global film pendek.

Bukan sekadar memberi penghargaan, event ini juga bertujuan untuk menemukan insan-insan berbakat di dunia film pendek, membina hingga memberikan panggung di dunia perfilman hingga ke tingkat global. Wow, menarik banget bukan?

Winston Utomo sendiri selaku CEO IDN Media menyatakan bahwa film pendek memiliki tempat tersendiri pada pelaksanaan Sundance Film Festival: Asia. Sangat dinantikan kreativitas dari para sineas Indonesia. Pelaksanaan Sundance Film Festival: Asia sendiri diharapkan bisa jadi wadah perkembangan yang lebih masif pada industri film Indonesia.

Syarat dan Pendaftaran Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival Asia 2021

Apa aja sih syarat-syarat buat kamu yang ingin ikut lomba ini? Catat ya:

  • Pendaftaran dibuka sampai 9 Juni 2021
  • WNI
  • Usia 18 tahun ke atas
  • Domisili peserta boleh di dalam maupun luar negeri
  • Genre dan tema film bebas
  • Film setidaknya di garap setelah tanggal 1 Januari 2019
  • Durasi film 3 hingga 20 menit

Buat kamu yang nantinya berhasil menang dalam kompetisi ini, dapatkan hadiah-hadiah menariknya antara lain:

  • Hadiah uang tunai USD 2,000
  • Film akan diputar pada pelaksanaan Sundance Film Festival: Asia 2021 bulan September
  • Karya akan dinominasikan untuk tayang di Sundance Film Festival 2022
  • Mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo

 Karya kamu akan dinilai oleh juri-juri keren berikut ini:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival

Informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan kompetisi ini bisa kamu lihat di link berikut https://filmfreeway.com/SundanceAsia

Apa Kata Mereka tentang Kompetisi ini?


Winston Utomo dan Michael Cow

Bagaimana dan apa sih kerennya kompetisi ini, simak yuk ungkapan orang-orang keren ini:

Mike Plante selaku Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival

“Di festival ini kami berkomitmen untuk menemukan talenta dan karya yang baru, memberi panggung pada mereka. Kami sangat antusias dalam menemukan karya-karya yang baru, lalu memperkenalkannya pada audiens yang juga sangat antusias.”

Michael Chow Selaku Founder of XRM Media

“XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global.”

Arcadiy Golubovich Selaku CEO Argo

“Argo sangat bangga bisa mendukung Sundance Film Festival: Asia 2021 bagi pembuat film pendek. Kami meyakini misi kami dalam mendemokrasi distribusi film akan mampu menghadirkan karya-karya terbaik bagi para audiens global. Hal ini sejalan dengan dukungan yang diberikan oleh komunitas film pendek dengan berbagai potensinya.”

Apa itu Sundance Institute?

Sebagai kurator film independen, Sundance Institute adalah lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang.

Didirikan sejak 1981 oleh Robert Redford dan dilangsungkan di Amerika Serikat, program-program yang diciptakan bertujuan untuk mengembangkan beragam proyek. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif. Sundance Film Festival juga menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk.

Sundance Institute telah mendukung beragam proyek lain, seperti Never Rarely Sometimes Always, Zola, Clemency On The Record, The Farewell, Honeyland, Boys State, One Child Nation, The Souvenir, Sorry to Bother You, The Infiltrators, Won't You Be My Neighbor?, Call Me By Your Name, Get Out, Hereditary, The Big Sick, Fruitvale Station, Mudbound, City So Real, Between the World & Me, Top of the Lake, Wild Goose Dreams and Fun Home.

Apa itu XRM Media?

XRM Media merupakan perusahaan hiburan dan teknologi yang hadir untuk mendukung, memproduksi, hingga mendanai konten multikultural bekerjasama dengan mitra globalnya. Melalui pendekatan yang inkonvensional, XRM Media mampu memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan. XRM Media juga menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat.

Apa itu IDN Media?

IDN Media merupakan perusahaan media platform untuk segmen kalangan Millennial dan Gen Z di Indonesia yang memiliki lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Apa itu Argo?

Kalau kamu suka streaming, Argo pilihan terbaik buat kamu. Argo ini merupakan platform streaming yang berkomitmen untuk membangun komunitas, mengkoneksikan antara pembuat film dengan penonton, dan menampilkan semua genre film pendek yang dikurasi ke dalam playlist. Temanya diambil dari seluruh dunia lho. Argo juga menjamin hak komersial para kreator film tersebut.

Atas dasar sistem bagi hasil, Argo bertujuan memastikan bahwa pembuat film bisa memiliki kesempatan untuk benar-benar mampu menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan menginspirasi film-film independen yang baru.

Temukan film pendek favorit Anda di www.watchargo.com, atau di aplikasi Argo yang tersedia di iTunes App Store dan Google Play Store. Ikuti kami untuk pembaruan tentang film baru kami di Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. ***

 Kontak

Zefanya Deby

Head of Communications

zefanya.deby@idntimes.com

081315658052

Saraya Adzani

Senior PR & Partnership Associate

saraya.adzani@idntimes.com

081218862176


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Nah, budaya Riau kayaknya bisa diangkat jadi cerita film pendek ni. Supaya Riau makin dikenal dunia internasional ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada Mas, pengurus FLP Wilayah ada yang fokus itu...cuma belum populer aja sih..:D

      Hapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)