Fakta Mengerikan Virus Korona, Kamu Wajib Tahu


 Foto: saibumi.com

Virus korona yang ditemukan di Wuhan, Cina akhir Desember 2019 benar-benar mengguncang kondisi negara tersebut. Ketakutan muncul di hati semua orang.

Saat orang-orang tergeletak menjadi mayat di jalanan tanpa bisa ditanggung ruang penginapannya oleh rumah sakit. Virus mematikan itu terus menebar. Hingga saat ini belum ditemukan anti vaksin untuk jenis NcoV yang satu ini. Bagaimana sebenarnya fakta virus ini? Simak ulasan saya berikut:

Dipicu Gaya Hidup Tak Bersih 

Kasus infeksi pertama kali virus ini terjadi pada seseorang yang baru saja berkunjung ke pasar hewan yang ada di Wuhan. Pasar hewan liar tersebut menjual aneka binatang yang dikonsumsi masyarakat setempat. 

Mulai dari sop kelelawar, ular, tikus, anjing dan masih banyak lagi. Jika tahun 2014 lalu virus ini pernah membuat takut calon jamaah haji karena disinyalir ditularkan hewan onta, faktanya kini hewan-hewan berbeda menularkannya di negara Cina. 

Khusus buat kamu yang mungkin masih punya kebiasaan begini, segera jauhi pola makan tak baik ini. Toh masih banyak hewan-hewan peliharaan yang halal dan nikmat untuk dikonsumsi bukan? Persaingan kondisi ekonomi masyarakat Cina yang begitu tinggi barangkali memicu hal ini terjadi.

Gejalanya Seperti Flu 

Gejala infeksi virus korona ini sekilas seperti flu biasa. Penderita biasanya akan mengalami demam, batuk, sesak nafas. Terjadi kondisi pneumonia yang parah. Pada kondisi tertentu juga dapat menyebabkan gagal ginjal. Pada mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah, kondisi gejala lain yang lebih parah mungkin akan muncul.

Cara Mencegah Infeksi Virus Korona 

Cara mencegah penularan virus korona dilakukan dengan menjaga kebersihan. Kamu dianjurkan memakai masker gas, mencuci tangan sebelum menyentuh anggota tubuh menggunakan desinfektan, tidak berjabat tangan dengan orang lain, menghindari keramaian, menghindari menyentuh fasilitas publik serta upayakan menggunakan desinfektan khusus untuk di rumah atau peralatan yang dipakai. 

Cara penularan virus ini melalui kontak fisik dan udara dengan sesama manusia. Hal yang akan sangat mengerikan mengingat interaksi manusia sehari-hari sangat sering terjadi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Saat ini negara-negara dunia telah banyak yang melaporkan terdeteksinya virus ini di negara terkait. Beberapa yang secara resmi telah melapor ke WHO adalah Hong Kong, Vietnam, Australia, Thailand, Amerika, dan yang terbaru di Indonesia pun telah terdeteksi warga Cina yang terifeksi virus korona. 

Sudah tahu apa yang perlu kamu lakukan sekarang? Selain menjaga kebersihan, terus tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup. Berdoa agar terhindar dari wabah mengerikan tersebut. Makan makanan yang halal dan kurangi aktivitas tak penting di luar rumah.

Posting Komentar

0 Komentar