5 Strategi SEO Lokal untuk Peringkat Atas Mesin Pencari

Menaklukkan mesin pencari memang nggak mudah bukan? Namun, kamu bisa kok mencoba strategi realistis menggunakan SEO lokal. Langkah ini sekaligus sangat tepat untuk meningkatkan optimasi bisnis online yang kamu kelola.

Ingat, sebuah riset menyebutkan bahwa sebanyak 97% orang mencari sebuah bisnis melalui pencarian lokal.

Apa itu SEO Lokal?

Istilah local SEO dan general SEO dibedakan dari lokasi. Visibiltas ruang local SEO lebih ke lokasi terdekat. Sedangkan general SEO menawarkan jangkauan yang lebih umum dan luas.

Contoh gampangnya saat kamu ingin makan ayam goreng di Bandung, maka kata kunci yang akan kamu masukkan tentunya akan lebih spesifik yakni, ‘jual ayam goreng Bandung’ dan bukan ‘jual ayam goreng.’

Perhatikan gambar berikut:

Mengapa SEO lokal ini menjadi sesuatu yang penting?

Perhatikan data riset berikut ini [2]: 


  • 46 % pencarian Google untuk informasi lokal.
  • 72 % konsumen menemukan toko dengan jangkauan terdekat mereka.
  • 89 % konsumen menemukan bisnis lokal melalui internet.
  • 50% penelusuran ‘dekat saya’ menghasilkan kunjungan ke toko terkait.

Nggak cuma data di atas, sebuah fakta juga menyebutkan bahwa sebanyak 80% dari pencarian SEO lokal telah menjadi konversi yang nyata. [3] 

Kunjungan hingga closing terjadi melalui aktivitas pencarian SEO lokal.

Bagaimana SEO Lokal Bekerja?

SEO lokal bekerja dengan menampilkan dua hasil pencarian yakni berdasarkan pada map sebagai profil Google bisnis dan pencarian organik yang muncul di mesin pencari.

Perhatikan hasil pencarian berikut:

Jumlah review positif dari profil Google bisnis kamu akan turut mempengaruhi proses optimasi. Sedangkan untuk pencarian organik ditentukan oleh kualitas konten, penggunaan keyword, otoritas domain, anchor text, dan lainnya.

Jenis Konten SEO Lokal

Konten SEO lokal ini bisa kamu sajikan dalam beberapa bentuk, jadi nggak melulu sebagai konten blog. Berikut jenis konten SEO lokal yang bisa kamu variasikan:

1.Landing Page

Pada konten landing page ini, kamu juga sudah bisa memasukkan muatan SEO lokal untuk mesin pencari. Sebagai contoh konten landing page yang dibuat oleh Niagahoster berikut ini:

2. Konten FAQ

Nggak cukup di landing page aja, kamu juga bisa main di FAQ untuk menyajikan SEO lokal. Pada konten pertanyaan FAQ kamu bisa menyebutkan secara spesifik tentang lokasi bisnis yang lebih dekat dengan pencarian lokal.

3. Konten Blog

Jika ingin lebih leluasa tentunya bisa membuat konten blog dengan muatan SEO lokal. Kamu bisa menerapkan strategi penulisan artikel SEO yang tepat dengan mengintegrasikan search intens yang lebih efektif.

Strategi SEO Lokal Agar Menang dengan Kompetitor

Yes, strategi SEO lokal ini tentu saja bisa jadi senjata buat kamu yang ingin memenangkan persaingan dengan kompetitor di mesin pencari.

Apa aja strategi yang perlu kamu perhatikan dalam optimasi SEO lokal?

1.Riset Kata Kunci

Sebagaimana kamu menulis artikel SEO umumnya, riset kata kunci ini sangat penting. Kamu bisa pakai Ahrefs premium  untuk mendapatkan fitur tools yang lebih lengkap.

Cukup hanya dengan memasukkan domain kompetitor, kamu bisa mendapatkan berbagai data yang bisa kamu analisis.

Di sini kamu perlu menargetkan kata kunci lokal yang relevan untuk blog. Gunakan keyword-keyword SEO lokal dengan volume yang realistis untuk kamu capai. Maksimalkan juga penggunaan laten semantix indexing (LSI).

Cek gambar berikut:

2. Optimasi Google Bisnis

Google memberikan fasilitas profil bisnis untuk usaha kamu. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk capaian SEO lokal yang lebih baik.

Daftar dan kelola Google Bisnis kamu di sini

Selanjutnya bisa kamu isi profil dengan lengkap dan benar. Alamat lokal ini bagian dari konten SEO lokal yang penting kamu optimasi. Isi dengan benar dan tepat.

Nggak cukup itu aja, kamu perlu menambahkan review positif terhadap profil bisnis tersebut. Jangan lupa pada konten review ini pun kamu bisa memaksimalkan kata kunci SEO lokal. Hasilnya akan lebih maksimal di mesin pencari.

3. Backlink Website Lokal

Cara optimasi SEO lokal selanjutnya bisa dengan memanfaatkan backlink. Kamu bisa menggunakan backlink dari website lokal yang terkemuka.

Jika ada website direktori lokal di daerah kamu, jangan lupa juga isikan dengan lengkap informasi tentang profil bisnis kamu. Jika memungkinkan tetap dengan memaksimalkan kata kunci lokal.

4. Menulis Konten Seperti Ngomong

Konten yang disenangi adalah konten yang ringan dan mengalir bahasanya, persis seperti kamu ngomong. Memang nggak gampang bikin konten seperti itu, tetapi kamu bisa latihan. Jadi, konten SEO nggak selalunya kaku, bisa tetap kamu sajikan secara ringan sama seperti saat kamu ngomong.

Optimasi keyword tetap bisa masuk di dalam sebuah konten walaupun bahasanya santai dan ringan. Teknik copywriting sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Semakin kamu mahir mengelola kata dengan teori copywriting, informasi bisa masuk dengan baik dan pembaca pun akan terus mengikuti alur tulisan kamu sampai selesai.

5. Rich Content

Sebuah konten yang kaya (rich content) akan mampu meningkatkan interaksi pengguna secara lebih efektif sekaligus meningkatkan brand awareness sebuah bisnis.[4] 

Sebuah konten yang kaya menawarkan banyak suguhan yang menarik. Mulai dari tulisan dengan bahasa copywriting yang baik, info grafis, gambar, video, tabel, dan lainnya.

Sajian yang kaya ini membuat pembaca nyaman berlama-lama, senang dengan konten dan mendapatkan banyak informasi tambahan cukup dari satu konten.

Jika kamu menyuguhkan local SEO dalam bentuk artikel blog, maka sajikanlah konten yang kaya sehingga pembaca senang menikmati konten kamu. Pengalaman pengguna ini akan memberi kesan dan ingatan mendalam, termasuk pada produk yang kamu tawarkan.

Nah, tertarik untuk menerapkan SEO lokal di blog kamu? Cara jitu bersaing dengan kompetitor di mesin pencari. Coba praktikkan dan jadikan bisnis kamu unggul di pencarian lokal.

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar