5 Cara Jualan Online Paling Cepat Laku Banyak yang Minat

 


Cara jualan online sekarang nggak melulu cuma update status di Facebook. Pilihan fitur dari berbagai aplikasi dan sosial media kini hadir membantu kamu untuk cepat untung dari cuan.

Hari gini masih belum nyoba fitur khusus jualan online?

Facebook, Whatsapp, Instagram, TikTok, Shopee, Tokopedia, dan lainnya memberikan banyak fasilitas buat kamu yang mau dapat untung dari jualan online. Mudah kamu pelajari, bahkan tanpa kamu harus paham digital marketing sekalipun.

Key Point:

Cara jualan online mulai dengan memilih channel, membuat toko online, mengatur proses pembayaran, cara pengiriman, dan promosikan dengan maksimal.

1.  Jualan Online di Facebook

 


Kalau kamu memilih jualan di Facebook, cara jualan online di Facebook bisa memanfaatkan tiga fitur utama yakni marketplace Facebook,   grup jualan, dan Facebook Ads

Jadi selain membuat postingan biasa, tiga fitur tersebut bisa kamu manfaatkan secara optimal.

Marketplace Facebook ini sangat cocok untuk kamu yang jualan sejenis makanan, peralatan harian, fashion maupun elektronik dengan target wilayah di dalam kota yang lebih terjangkau.

Saat bergabung di marketplace, kamu bisa mengatur jenis produk yang kamu jual sesuai kategori, jangkauan wilayah yang kamu inginkan. Jangan lupa membuat postingan gambar produk terbaik lengkap dengan spesifikasi dan kontaknya.

Bila ingin mendapatkan konversi yang lebih tinggi, atau kamu memanfaatkan landing page pada website, fitur Facebook Ads sangat cocok untuk kamu.

Bagaimana cara beriklan di Facebook Ads? Selengkapnya bisa kamu pelajari di video ini.

Sedangkan untuk grup Facebook, kamu perlu memastikan memang berada di grup yang tepat. Jangan melakukan spaming dan pastikan mematuhi aturan pemilik grup.

2.  Jualan Online di Instagram

 


Hingga saat ini, Facebook dan Instagram masih menjadi dua media sosial besar yang sangat menjanjikan untuk para pebisnis online. Kamu bisa membangun branding merek yang efektif di kedua sosial media ini dengan biaya yang murah dan segmentasi market yang lebih kaya. [1] 

Instagram memiliki fitur khusus untuk jualan online yakni fitur toko. Namun, pada prinsipnya kamu bisa menggunakan semua fitur Instagram untuk berjualan. Mulai dari reels, postingan, story, siaran langsung, mention, Instagram Ads maupun profile.

Algoritma Instagram 2022 masih menekankan penggunaan reels yang efektif untuk marketing. Apa aktivitas kamu, riwayat kontak aktivitas kamu dengan siapa, dan informasi dari reels yang kamu posting cukup mempengaruhi popularitas fitur reels yang kamu buat. [2] 

Kualitas konten yang rapi pada tampilan akun juga mempengaruhi ketertarikan pengunjung pada produk yang kamu jual di Instagram. Nggak cukup dengan bahasa copywriting yang menjual di sebuah postingan, kamu juga perlu memastikan kualitas gambar atau video yang kamu buat sesuai standar dan menarik bagi follower.

3.  Jualan Online di TikTok

 


TikTok menyediakan fitur khusus untuk jualan melalui TikTok Bisnis. Kamu bisa daftar lebih dulu di sini.

Membuat sebuah konten video yang berkualitas dengan menandai produk yang kamu jual menjadi salah satu strategi penting kalau kamu ingin sukses jualan di TikTok. Setelah kamu terdaftar di TikTok Bisnis, mulailah mengkreasikan konten hingga menggunakan influencer untuk marketing. [3] 

Bagaimana sebuah postingan video bisa potensial menjadi sarana jualan di TikTok? Setidaknya kamu perlu melakukan hal berikut:

  • Ikuti tema konten viral untuk memudahkan penemuan dan ketertarikan pengguna.
  • Buat video yang unik dengan pesan marketing produk kamu.
  • Tambahkan caption di video yang menimbulkan daya tarik.
  • Gunakan hastag dan caption tulisan keterangan yang bersifat interaktif.
  • Tambahkan suara atau lagu yang sedang populer.

4.  Jualan Online di Whatsapp

 


Whatsapp adalah media sosial untuk closing jualan yang paling efektif. Melalui chatting WA, kamu bisa meyakinkan calon pembeli dengan lebih intensif secara emosional.

Mengapa Whatsapp dipenuhi dengan emotion ceria dan aneka stiker menarik, salah satunya untuk kamu manfaatkan jika berinteraksi dengan calon pembeli.

Mereka yang masih ragu terhadap produk atau jasa kamu di Facebook, Instagram, atau TikTok bisa kamu lebih intensifkan dan bangun kepercayaannya melalui Whatsapp. Platform ini memiliki fitur Whatsapp bisnis dan story yang bisa kamu optimalkan untuk penjualan.

Beberapa keunggulan Whatsappa dibandingkan media lainnya antara lain:

  • Lebih privasi dan pelanggan lebih menyukai cara ini.
  • Whatsapp adalah kolam uang untuk kamu, di mana calon buyer bisa kamu kumpulkan dalam satu grup khusus yang perlu kamu edukasi lebih dulu tentang nilai produk atau jasa yang kamu jual.
  • Sebagai media sosial yang paling banyak diakses di Indonesia, kemungkinan orang untuk lebih cepat membaca dan melihat informasi jauh lebih bagus ketimbang media sosial lainnya. Jualan kamu akan lebih cepat sampai ke calon pembeli melalui Whatsapp.

Selengkapnya tentang bagaimana tips jualan online di Whatsapp bisa kamu lihat di tayangan video ini.

5.  Cara Jualan Online di E-Commerce

 


Kamu tahu nggak kalau pengguna e-commerce di Indonesia ini termasuk yang paling tinggi di dunia lho. Berdasarkan hasil survey, pengguna internet di Indonesia sebanyak 88,1% nya bertransaksi di e-commerce. Indonesia berada di posisi teratas dunia pada bulan April 2021. Di bawahnya ada Inggris yang hanya berada di 86,9% pengguna. [4] 

Artinya apa? Kalau kamu ingin merambah pasar bisnis yang potensial, sudah saatnya kamu jualan di berbagai platform e-commerce nasional.

Dikutip dari Kompas bahwa jawara untuk marketplace di Indonesia masih diduduki oleh Tokopedia di peringkat teratas. Selanjutnya di peringkat ke dua ada Shopee, Bukalapak di urutan ketiga dan Lazada di urutan keempat.

Berdasarkan data tersebut kamu bisa membuat pilihan terbaik di mana akan membuka toko online untuk berjualan.

Buat kamu yang belum tahu gimana cara jualan di Tokopedia bisa cek video ini  atau kalau kamu pengen nyoba di Shopee bisa langsung cek video ini

Cara Jualan Online Tanpa Modal

 


Satu lagi yang banyak jadi pertanyaan kamu saat ingin jualan online adalah, bagaimana sih cara jualan online tanpa modal, emang bisa?

Ya, tentu saja bisa. Sistem dropship memungkinkan kamu bisa jualan online tanpa harus melakukan stok barang. Artinya kamu nggak perlu modal banyak uang atau bahkan tanpa modal uang sama sekali.

Cukup dengan menjadi perantara antara produsen dan pembeli. Selisih harga dari produsen ke konsumen itulah yang jadi keuntungan kamu.

Lebih simpelnya lagi kamu nggak perlu repot ngurus packing segala macam. Semuanya akan dilakukan oleh pihak produsen. Kamu cukup mencari pembeli dan melakukan pemesanan terhadap produk yang kamu promosikan.

Nah, sudah siap dapat cuan gede dari jualan online?

Siapkan perangkat smartphone kamu sekarang lalu pilih platform terbaik yang paling kamu kuasai dan mulailah berjualan.

 

Posting Komentar

0 Komentar