Mau Promosi Brand di Bulan Ramadan? IDN Creative Selaku Marketing Agency Bagi-Bagi Insight

 
Rabaitur Rasyid, Head IDN Media
 
Ramadan tak lama lagi. Bukan hanya dikenal sebagai bulan ibadah, Ramadan ternyata juga menjadi bulan yang spesial bagi kalangan pebisnis. Mengapa? 
 
Diketahui pada bulan Ramadan tersebut konsumsi masyarakat lebih meningkat dibanding bulan biasanya. Termasuk kalangan generasi millenial dan Z yang juga memiliki kecenderungan konsumtif cukup tinggi. 
 
Pandemi belum berakhir. Aktivitas kebanyakan orang masih lebih sering di rumah. Kondisi ini juga yang menyebabkan banyak orang akhirnya lebih nyaman melakukan transaksi jual beli secara daring. Waktu santai menjadi kesempatan menjelajah dunia maya untuk mencari hal-hal yang dibutuhkan. 
 
Bagi Anda pemilik brand, inilah kesempatan untuk mencuri perhatian calon pembeli Anda. Bagaimana Anda bisa berlomba membangun strategi pendekatan brand sehingga mampu meraih pasar generasi milenial dan Z sebanyak-banyak. 
 
Nah, berikut ini IDN Creative, selaku agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online akan memberikan beberapa insight penting untuk panduan, apa saja? 
 
1. Go Hyper-Local, Go Hyper-Relevant  
 
Sebuah strategi penting yang harus Anda perhatikan adalah, bagaimana Anda bisa menyampaikan sebuah cerita yang tepat, disampaikan pada orang yang tepat, menggunakan media yang tepat, dan dilakukan pada waktu yang tepat. 
 
Sebagai contoh misalnya jika kita menghubungkan Ramadan di rumah, maka lazimnya orang akan memiliki waktu yang lebih luang untuk membuat aneka macam makanan hidangan berbuka. 
 
Pencarian konten terhadap menu dessert pun meningkat. Maka pada tahun lalu, campaign Indomilk yang bermitra dengan IDN Creative terbilang cukup sukses. 
 
IDN Creative menghubungkan brand susu kental manis tersebut dengan Yummy, salah satu unit bisnis IDN Media yang fokus pada konten kuliner. Selanjutnya dilakukan eksplorasi resep menggunakan produk Indomilk. 
 
IDN Creative terus mendorong keingintahuan para audiens dengan menyampaikan pesan dan ide yang inovatif: susu kental manis bukan hanya bisa dipakai untuk membuat makanan yang rasanya manis, tetapi juga bisa untuk yang memiliki rasa gurih. 
 
2. Speak Their Language  
 
 
Timmy, tim solid IDN Creativa
 
Menyampaikan pesan brand atau brand message menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sebuah brand harus mampu mengarah kepada topik atau hal-hal yang dicari atau dikonsumsi oleh generasi Z atau milenial yang menjadi target pasar. 
 
Menghubungkan hal-hal yang sedang banyak diminati ke dalam brand yang Anda miliki menjadi salah satu strategi pintar yang bisa dicoba. 
 
Hasil riset yang diperoleh IDN Creative menunjukkan, konten-konten ringan yang bersifat hiburan dua kali cenderung lebih banyak dicari oleh generasi millenial dan z dibandingkan konten lainnya. 
 
Selain itu, konten yang sifatnya hiburan juga lebih diminati. Selama Ramadan, konten yang bersifat hiburan bisa meningkat 6 kali lebih banyak dicari. 
 
Dalam hal ini, sebuah konten yang ditawarkan oleh IDN Creative dengan judul “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marriage’ Pas Puasa” terbukti lebih banyak dikunjungi oleh generasi Z dan millenial. 
 
3. Tailor-Made Your Stories 
 
IDN Media HQ Office
 
Menurut IDN Creative, terlalu menyajikan konten yang general tidak akan memberikan output yang bagus. 
 
Penting Anda ketahui bahwa generasi Z dan millenial memiliki preferensi dan prilaku berbeda. Alasan inilah yang menyebabkan kenapa konten dengan pendekatan personal terbukti mampu lebih menyentuh secara dalam. 
 
Tak cukup itu saja, amplifikasi secara masif dengan menerbitkan konten di beberapa publisher juga dinilai cukup efektif. Sebagai contoh misalnya, di IDN Media konten menu berbuka puasa diolah menjadi sajian yang berbeda sesuai dengan media atau publishernya. 
 
Konten dengan judul “5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil” ditayangkan di IDN Times, lalu diubah dalam bentuk perspektif keluarga saat tayang di Popmama.com. selanjutnya, konten juga disajikan dalam tampilan video-video unik untuk ditayangkan di based content di Yummy. 
 
Cara ini sangat efektif untuk menyampaikan satu buah pesan kepada audiens yang beragam. Sudah terbayang bagaimana Anda melahirkan strategi brand yang unik untuk marketing di bulan Ramadan kali ini? Tunjukkan brand Anda, dan raihlah pasar dengan cara kreatif, inovatif dan kompetitif. 
 
Tentang IDN Creative 
 
IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online. 
 
Tentang IDN Media 
 
IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 60 juta Monthly Active Users (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyaraka.
 

Kontak

Zefanya Deby

Head of Communications

zefanya.deby@idntimes.com

081315658052

Saraya Adzani

Senior PR & Partnership Associate

saraya.adzani@idntimes.com

081218862176

 

Posting Komentar

0 Komentar