Cara Buat NPWP untuk Penulis


 Foto: jojonomic.com

Aku mau cerita soal pengalamanku bikin NPWP. Ya, emang kata orang-orang gampang sih bikinnya, bisa online segala macem, tapi kalau kita belum pernah dan nggak tahu cara-caranya sama sekali tetap aja bakalan pusing. Termasuk yang katanya online mudah, faktanya pas aku bikin sendiri tetap masalah.

Nah gimana sih yang paling enak bikin NPWP itu? Kebetulan aku diminta NPWP sama penerbit buat syarat Surat Perjanjian Penerbitan. Penerbit X membolehkan aku pakai NPWP teman, yang penerbit yang satu ini mengharuskan pakai NPWP sendiri, jadi mau tak mau aku harus ngurus itu kartu. Gimana caranya? Simak pengalaman aku ya. 

Bikin NPWP Online atau Langsung ke Kantor Pajak? 

Nah, pertama soal lokasi kantor pajak. Kebetulan KTP aku alamatnya tidak sama dengan tempat domisili. 

Sekarang aku tinggal di Pekanbaru, sementara KTP aku tuh di Indragiri Hulu, sekitar 5 jam dari Pekanbaru. Banyak yang bilang, udah kamu bikin online aja, nggak harus pulang ke Indragiri Hulu. Baiklah, karena kedengarannya sangat mudah, aku langsung klik cara bikin NPWP online, langsung terhubung dengan e-reg di situsnya. 

Di situ mulai ada masalah. Ya, dengan susah payah aku mengisi formulir yang sedikit abstrak buat aku, verifikasi yang selalu gagal dan pengunggahan berkas scan KTP dan surat keterangan lain yang bikin aku pusing. Di situ ditulis, pengajuan kamu masih menunggu verifikasi. 

Jika gagal kamu harus membuat pengajuan ulang. Cara online ini rempong dan nggak saya rekomendasikan kalau kamu butuh cepat. Prosesnya kalaupun diterima bakalan lama, bisa nyampe sebulan. Karena pengajuan yang kamu isi online itu ditujukan ke kantor pajak sesuai alamat KTP. 

Berkas itu entah kapan akan dibuka oleh kantor pajak setempat, dan belum tentu juga dikirim ke alamat karena pihak pajak khawatir pengajuan tersebut tidak resmi dan kartu tidak sampai (ini keterangan yang saya dapat dari petugas yang bikin NPWP). 

Intinya ribet dan lama, akhirnya mau tak mau kuputuskan harus pulang kampung dan diurus sendiri dengan tempo waktu yang katanya nggak nyampe setengah jam. Bener nggak ya? Akan aku buktikan. 

Soal Syarat Bikin NPWP 

Sebelum datang ke Kantor Pajak, aku browsing dulu nih apa aja sih syarat bikin NPWP. Kebetulan aku cuma masukin keyword ‘syarat bikin NPWP’ nah udah pasti yang nongol itu cara bikin buat para pegawai, pebisnis dan lainnya. 

Penulis nggak terindex tuh gimana cara bikinnya. Kalau pegawai udah jelas mereka diminta SK ya, terus kalau penulis gimana? Semakin bikin dilema nih. Tapi berhubung penerbit terus mendesak, mau tak mau aku tetap harus bikin. Setelah sampai di Rengat (Indragiri Hulu), saya sampai menjelang zuhur, sekitar jam 12. 

Saya pikir harus nunggu sampai jam 13 karena kantor tutup. Alhamdulillah ternyata petugas yang jaga bergantian, walaupun siang jam istirahat proses pembuatan tetap berjalan. Akhirnya saya menuju counter pembuatan sambil nanya apa aja syarat bikin NPWP untuk pribadi. 

Petugas memberi saya berkas untuk diisi. Dia pun bertanya, Mbak ini apa pekerjaannya? Saya bilang penulis. Petugas itu diam, kayaknya mikir emang penulisa bisa dapat gaji gede gitu hahaha. Lalu dia nanya lagi. Ada surat keterangannya nggak sebagai penulis? Surat keterangan apa, dalam hati mikir. Oh ya, mungkin dia minta Surat Perjanjian Penerbitan. Langsung tak keluarin. 

Kebetulan itu SPP dari penerbit mayor terkenal di Indonesia, jadi dia nggak pakai nanya lagi. Dipikir udah selesai, petugasnya nanya lagi. Ini memang ada penghasilannya ya, Mbak? Gubraaakkk...ada Mas, ada tiap enam bulan sekali. Aku ngejawab sambil prihatin juga, jangan-jangan royalti buku itu kecil nantinya. 

Petugas itu kelihatannya masih ragu dan dia pun bilang, bentar ya Mbak, saya tanya ke dalam dulu. Lumayan lama lah nunggu petugas itu. Dalam hati deg-degan, gimana kalau gagal. Kasihan banget sih penulis di Indonesia ini. Akhirnya yang ditunggu tiba. 

Dia pun bilang, ya udah Mbak, ini SPP nya difotocopy ya, sama E-KTP nya juga. Jleb...Alhamdulillah, diterima juga sebagai peserta wajib pajak. Jadi syaratnya emang gampang sih sebagai penulis, cukup ini aja: 

1. KTP asli dan fotocopy 

2. Formulir dari kantor pajak yang diisi di tempat 

3. SPP asli dan fotocopy 

Setelah berkas lengkap tinggal diajukan ke bagian pencetak NPWP. Bener, emang cepet banget nyetaknya. Paling 10 menit udah jadi. Alhamdulillah, pengalaman bikin NPWP untuk penulis ini wajib kamu coba ya. 

Nggak usah mikir ntar laporannya gimana, karena paling penting kamu punya NPWP sendiri kalau mau serius di dunia kepenulisan. Oke, segitu aja pengalaman aku ya.

Posting Komentar

0 Komentar