5 Novel Paling Inspiratif Tahun 2022 Asal Riau

 

Ngomongin novel yang ditulis pengarang-pengarang asal Riau memang nggak ada matinya. Riau ladangnya sastrawan yang terus bertumbuh menghasilkan karya-karya inspiratif terbaru.

Generasi pengarang tidak hanya lahir dari angkatan tua saja. Saat ini banyak pengarang-pengarang muda yang menghasilkan karya inspiratif dengan beragam tema yang ditulis. Mulai dari tema budaya, lingkungan, keluarga, sejarah hingga tema sederhana kehidupan sehari-hari yang tetap memiliki nilai.

Novel Paling Inspiratif Sepanjang Tahun 2022

Di tahun ini ada beberapa judul novel yang recommended untuk kamu baca. Memiliki berbagai keistimewaan dari segi penyajian cerita, tema maupun latar belakang penulis. Apa saja novel paling inspiratif sepanjang tahun 2022 asal Riau? Berikut ini di antaranya:

1.     1. Novel Rindu Serumpun

 

Ditulis oleh pengarang muda asal Indragiri Hulu bernama Yendra Chen, novel ini menyajikan tema perpaduan lingkungan dan inspiratif. Berkisah tentang perjalanan seorang pria bernama Anwar yang menjalani kehidupan pendidikannya di perantauan. Idealisme tokoh dalam novel ini menjadi inspirasi untuk kalangan muda. Novel dengan ketebalan di atas dua ratus halaman tersebut menjadi salah satu rekomendasi novel inspiratif yang wajib kamu baca.

2.     2. Novel Hamidah

 

Siapa yang tak mengenal sastrawan yang pernah membesarkan Riau, Datok Rida K. Liamsi. Novel terbarunya berjudul Hamidah mengangkat tema lokalitas sejarah Melayu yang cukup kental. Sebuah inspirasi besar untuk kalangan muda bisa belajar sejarah Melayu melalui sebuah karya sastra novel. Kekuatan riset yang sangat bagus dalam novel Hamidah jadi inspirasi buat kamu yang ingin menulis tema sejenis.

3.     3. Novel Lelaki Al Mahmudiyyah

 

Novel bersetting Mesir ini menceritakan kisah perjuangan seorang tokoh fenomenal dunia Hasan al-Banna yang memulai perjalanan hidupnya di Kairo. Ditulis oleh pengarang Riau Nafi’ah al-Ma’rab dengan gaya bahasa inspiratif. Novel ini bercerita tentang masa kecil tokoh yang dekat dengan buku dan kecerdasannya dalam menuntut ilmu. Sebuah inspirasi besar untuk para pemuda yang ingin tumbuh dengan produktif di masa mudanya.

4.     4. Novel Merajut Luka

 

Buat kamu yang suka dengan tema pernikahan dengan nilai-nilai yang inspiratif bisa mencoba membaca novel ini. Penulisnya Zahra Muthia yang juga seorang penulis novel di platform. Novel berkisah tentang perjuangan kesetiaan seorang istri dalam mempertahankan rumah tangganya di tengah kondisi ia mendapatkan perlakukan kasar dari suaminya. Pesan moral dari novel ini memiliki nilai inspiratif untuk banyak orang.

5.     5. Novel Suraya

 

Novel Suraya merupakan salah satu novel bertema romance dengan setting sejarah yang menginspirasi. Perjuangan seorang perempuan bernama Suraya dengan latar keturunan bangsawan dalam mengejar cintanya yang akhirnya berbuah air mata. Cerita novel ini memberikan inspirasi kepada banyak orang tentang makna cinta dan kesetiaan. Pengarangnya adalah novelis Riau Nafi’ah al-Ma’rab.

Nah, kamu punya rekomendasi novel paling inspiratif untuk dibaca tahun ini? Yuk ceritakan di bawah komen postingan ini ya.

Posting Komentar

0 Komentar