Rahasia Orang Bisa Tilawah di Atas 5 Juz Perhari

 


Bulan Ramadan menjadi bulan di mana orang berlomba-lomba mengkhatamkan Al Quran. Semua ingin mendapatkan janji Allah, mendapatkan 10 kebaikan dari setiap huruf yang dibaca seperti yang diriwayatkan dalam hadist Imam Bukhari.

Keinginan untuk membaca Al Quran dalam jumlah banyak itu tentu ada di setiap hati orang mukmin dan muslim, tetapi masalahnya mungkin saja kebanyakan tidak bisa konsisten.

Semua perlu proses ya, apalagi kalau yang sebelumnya jarang baca Al Quran. Bulan Ramadan bakal berat banget mau tilawah. Bisa satu kali khatam saja sudah syukur.

Nah, berdasarkan pengalaman nih, aku mau berbagi cerita gimana caranya biar pas tilawah itu bisa enak dan tahan lama. Hehehe, ya jujur aja kan ya, yang bikin target berjuz-juz itu nggak tercapai kadang masalahnya sederhana.

‘Mau cepat-cepat tutup Al Quran pas baca’ Ngantuklah, keburu mau ngerjain ini itulah, banyak deh pokoknya. Nggak betah ngaji lama-lama, padahal kalau buka hp bisa berjam-jam. Wkwkwk, itu aku jujur sih ya. Kamu pasti juga pernah ngerasain kan ya. Ngaji cuma di mulut doang, nggak nyampe di hati.

Nah, sekarang aku mau kasih bocoran nih, begini ternyata tipsnya biar kamu kalau ngaji bisa tahan lama dan nggak cepet-cepet mau udahan hehe:

  1. Sadar Dulu ini tuh Ramadan

Hal yang kadang bikin kita nggak semangat untuk tilawah itu karena hati kita nggak sadar kalau detik ini tuh Ramadan. 

Ramadan tu beda Guys, 10 kebaikan per huruf. Ya Allah, misalnya aja ni langsung nampak jadi duit, udah pasti orang berbondong-bondong ngaji berjuz-juz tiap hari.

Cuma kan nggak gitu. Hati kita dulu harus sadar, ini tuh Ramadan. Aku harus ngaji, haruuuuss. Gitu deh langkah awalnya. Ingat kebaikannya walaupun nggak kelihatan.

  1. Temukan Nikmatnya di Halaman Tertentu

Tilawah Al Quran itu nggak bakalan terasa enak kalau kamu belum nemuin nikmatnya. Jadi ada lho titik di mana kamu menemukan kenikmatan dalam tilawah itu.

Di mana titik itu? Tergantung orangnya. Kalau halaman satu dua kamu belum ketemu, teruskan sampai ketemu. Jangan berhenti, plis kayak kamu nyari jodoh, nanti akan ketemu wkwkw. 

Tapi, serius lho, biasanya sih kalau hati lagi ada kotor, ketemunya sudah di atas setengah juz wkwkw. Tapi harus bertahan, jangan berhenti dulu pas sebelum setengah juz. Temukan sampai titik nikmat itu ada.

Nah, kalau sudah ketemu titik itu, mau dua juz sekali duduk juga santuy Guys, namanya juga udah enak. Sama kayak kamu ngebales chattingan hehe.

  1. Tilawahnya Pakai Adab

Jadi tilawah itu kan ibadah ya, yang namanya ibadah ya pakai adab. Misal gini, ya kamu wudhu dulu dong, pakai pakaian yang rapi atau mukena nggak apa deh. Ambil posisi yang bagus, nyaman dan nggak panas wkwkw.

Satu lagi nih, ngajinya dizahirkan suaranya ya, jangan cuma mulut aja yang gerak. Tapi kalau puasa capek? Iya emang capek, tapi kalau kamu nggak zahir ngajinya nanti susah ketemu titik nikmat tilawah itu. 

Nggak ketemulah. Udah gitu pasti makhroj hurufnya juga dipertanyakan. Memang capek awalnya, tapi kalau udah ketemu titik yang aku bilang tadi, capeknya hilang. Insya Allah deh.

  1. Doa dan Jangan Songong

Jadi kalau misal nih kamu udah berhasil tilawah 5 juz perhari, 6, 7 atau bahkan sampai 10 (khatam 3 hari), kamu tetap harus selalu berdoa sama Allah biar diistiqomahkan dengan hal tersebut. Jangan songong sama yang lain. Bisa tilawah banyak itu juga pertolongan Allah.

  1. Atur Jadwal dan Konsisten

Kalau kamu punya target tilawah per hari 5 juz misalnya, kamu bikin targetnya sehari 8 juz. Jadi pas nanti target meleset jadi nggak jauh-jauh amat deh dari target 5 juz.

Nah, kamu harus disiplin nih dengan jadwal. Atur, misal nih ya:

Sebelum isya 1 juz, bakda tarawih 1 juz, sebelum sahur 1 juz, bakda subuh 1 juz, sebelum zuhur 1 juz, bakda ashar 1 juz, sebelum magrib 1 juz.

Kalau target kamu bikin nggak realistis menurut aku nggak masalah. Nanti kalau meleset jadi cukup realistis kan? Kalau kamu target Cuma 5, nanti ujung-ujungnya jadi 3 deh.

Konsisten dan konsisten, keimanan terus diperbaharui sambil berdoa sama Allah. Lihat orang-orang yang udah khatam, biar semangat ngajinya terus nambah.

Nggak ada kekuatan kita untuk khatam Al Qur’an kecuali dengan pertolongan Allah. Bismillah…masih ada waktu. Ayo tuntaskan target khatam kita ya. Insya Allah, Allah akan bantu.

 

Posting Komentar

0 Komentar