Wisata Kampung Karuhun Sumedang, Destinasi Wisata Pilihan di Musim Pandemi

 

                                                                  Foto: Jabarnews.com

Sumedang adalah kampung teduh. Zamrud nusantara tersembunyi di tengah bumi Jawa Barat yang basah. Menghirup aroma Kota Sumedang bukan hanya mencium keramahan masyarakat Sunda, lebih dari itu Anda akan menemukan keindahan tersuruk di setiap belahan buminya.

Sumedang bukan hanya dikenal dengan cita rasa kulinernya yang sudah terkenal di penjuru nusantara. Keindahan alam kabupaten yang luasnya mencapai 1.518 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 1,137 juta (2015) tersebut menjadi daya tarik wisata yang tak biasa bagi masyarakat luar Jawa Barat.

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata Sumedang? Orang pada umumnya akan mengingat tahu yang gurih dan nikmat. Namun, tahukah Anda bahwa tahu hanyalah satu dari sekian banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Sumedang. Wisata alam menjadi salah satu ikon paling unik dan menjadi potensi wisata paling menjanjikan di kabupaten tersebut.

Kampung Karuhun, Wisata Eksotis di Bumi Sumedang yang Basah

Suasana teduh alam yang asri dan aroma keramahan masyarakat Sunda begitu terasa saat pertama kali Anda menjejakkan kaki di sebuah kampung wisata di Desa Citengah, Kampung Karuhun namanya. Suasana tradisional pedesaan khas Indonesia dengan kesejukan udara yang terasa di kulit terhampar di pandangan.

Sebuah gerbang masuk ke kampung wisata terbuka di tepi jalan. Beruntung wisatawan yang bisa singgah ke kawasan wisata ini, sebab tempat ini menyimpan beragam wahana unik yang menarik untuk dinikmati.

Sebenarnya Sumedang memiliki pilihan destinasi wisata alam yang cukup kaya, mulai dari bukit, curug, pedesaan, hingga pegunungan. Namun, jika Anda ingin mengunjungi satu tempat wisata saja yang mewakili keindahan alam Sumedang berikut kekayaan budaya dan kulinernya, berwisatalah ke Kampung Karuhun.

Wisata Kampung Karuhun ini terletak di daerah Desa Citengah, Sumedang Selatan. Tepatnya di Jalan Pagarbetis. Aksesnya sekitar 30 menit dari pusat Kota Sumedang. Kawasan seluas 1,5 hektare tersebut memiliki keunikan alam tersendiri sebab dilintasi aliran Sungai Cihonce. Aliran sungai ini menjadi spot wisata tersendiri di bagian dalam Kampung Karuhun.

                                                            Foto: pikiran-rakyat.com

Buat Anda yang tertarik berkunjung ke tempat wisata ini, berikut beberapa informasi penting yang bisa Anda perhatikan:

Informasi

Keterangan

Alamat

Jalan Pagarbetis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat

Jam buka

Pukul 08.00 wib hingga 16.00 wib

Tiket masuk

Rp.25.000,00 (dewasa), Rp.15.000,00 (anak-anak)

Fasilitas

Parkir, mushola, penginapan, kantin, kolam renang, spot berfoto, dll.

Tiket wahana

River tubing (Rp.30.000,00), Marak Lauk (Rp.30.000,00), Perahu Gowes (Rp.10.000,00), Trampolin (Rp.10.000,00), Panahan Anak (Rp.20.000,00) dll.

Waktu kunjung terbaik

Pagi hari

Apa saja keindahan yang bisa Anda nikmati di Kampung Karuhun ini?

  1. River Tubing

Bagi Anda yang punya hobi petualangan adventure, Anda bisa menikmati wahana River Tubing di aliran Sungai Cihonce menggunakan pelampung. Aliran sungai ini masih menyuguhkan batu-batu besar yang cukup menantang untuk diarungi. Aliran sungai yang jernih dan dingin menambah keceriaan suasana bagi Anda yang memilih wahana ini. Bersama tim atau teman-teman, Anda bisa menjajal wahana river tubing dengan keseruan yang cukup menantang.

  1. Landy Adventure

Buat Anda yang ingin berkeliling kebun teh dengan cara yang menantang dan menyenangkan bisa memilih wahana ini. Berkeliling kebun teh yang hijau dan asri dengan kendaraan roda empat khusus akan jadi pengalaman indah tak terlupakan.

Di wahana ini Anda akan dibawa mengelilingi rute off road perkebunan teh Cisoka yang tampak segar dan basah. Rute ini pada akhirnya akan membawa pengunjung ke Curug Cigorobok dengan aliran air yang dingin, jernih dan segar.

  1. Camping

Menikmati alam Sumedang tidak sempurna jika Anda tidak menikmati suasana tidur di alam bebas. Kampung Karuhun menyediakan spot-spot bagi Anda yang ingin camping dan bermalam di tenda. Pemandangan alam yang indah dan sejuk, suasana pemandangan hutan yang masih asri dengan pohon-pohon yang rindang akan menemani suasana bermalam Anda di desa wisata Karuhun.

Jika Anda punya kesempatan beberapa hari menjelajah Sumedang, jangan lupa untuk menginap di kampung wisata tersebut.

  1. Kawasan Etnik Nusantara

Salah satu wahana unggulan yang wajib dikunjungi wisatawan di Kampung Karuhun adalah kawasan Etnik Nusantara. Sebuah wahana yang berisi replika tradisi tiga budaya yakni Sunda, Toraja, dan Papua.

Di kawasan ini Anda bisa menikmati sajian rumah-rumah adat dari tiga daerah tersebut. Desain suasana kampung yang sangat mirip dengan daerah aslinya, termasuk Toraja dan Papua. Anda bisa berfoto dengan latar seolah-olah sedang berada di Papua.

Selain menikmati beberapa wahana di atas, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik lainnya selama berada di Kampung Karuhun, apa saja?

  1. Menikmati Kesejukan Kolam Renang yang Luas

Salah satu fasilitas unggulan yang bisa dinikmati pengunjung selama berada di Kampung Karuhun adalah kolam renang yang luas dan bersih. Bagi Anda yang tidak terbiasa berenang di aliran sungai dengan suasana alam bebas, maka bisa memilih alternatif berwisata di kolam renang.

Termasuk jika Anda membawa anak-anak untuk liburan dan khawatir jika mengajak berenang di aliran sungai. Komplek kolam renang yang ada di Kampung Karuhun ini cukup luas, bersih, dan nyaman untuk dinikmati bersama anak-anak dan keluarga.

  1. Makan di Tengah Sungai

Ada hal unik yang juga bisa dinikmati pengunjung selama berada di Kampung Karuhun yakni makan makanan khas Sunda di tengah aliran Sungai Cihonce yang sejuk dan dingin.

Di tengah bebatuan besar dengan aliran sungai yang jernih diletakkan kursi-kursi panjang dan meja tempat pengunjung menikmati aneka kuliner. Kaki Anda bisa dalam posisi terendam di air dengan menikmati kelezatan aneka kuliner khas Sumedang yang tersedia. Suasana berjalan menikmati beragam wahana yang cukup letih akan semakin lengkap jika Anda akhiri dengan makan di tengah aliran sungai. Lebih nikmat dan menggugah selera makan.

  1. Aneka Spot Berfoto

Bagi kalangan milenial hal yang wajib dilakukan di tempat wisata adalah berfoto. Menemukan spot berfoto terbaik di Kampung Karuhun ini cukup mudah. Berikut beberapa rekomendasi spot berfoto paling indah di kawasan tempat wisata Kampung Karuhun:

  • Latar belakang khusus bertuliskan ‘Kampung Karuhun’ yang memang didesain untuk wisatawan yang ingin berfoto jurnalistik dengan tulisan objek wisatanya.
  • Foto di aliran sungai dengan bebatuan besar yang indah. Bisa dengan menaiki pelampung atau bergaya natural.
  • Titik berfoto dengan latar belakang rumah adat Papua, Toraja, dan Sunda yang ada di wahana Etnik Nusantara. Di sini Anda seolah-olah berada di tiga daerah tersebut.
  • Titik berfoto di lokasi kebun teh yang hijau dan indah. Anda bisa berpose di atas kendaraan dengan latar perkebunan yang indah.
  • Latar belakang pemandangan alam dengan tenda-tenda camping di alam bebas. Terutama pada pagi dan petang hari spot ini menjadi lebih indah.
  1. Wisata Kuliner

Seindah apapun wisata alam jika tidak ada wisata kulinernya maka terasa kurang sempurna. Di kawasan Kampung Karuhun ini pengunjung akan dimanjakan dengan kuliner khas Sunda yang lezat menggoda.

Mulai dari tahu yang renyah dan gurih, nasi liwet, kesegaran sayur asam, nasi timbel hingga gurami bakar dan sambal yang menggoyang lidah. Suasana kesejukan alam akan semakin lengkap dengan rasa kuliner Sunda yang khas tak terlupakan.

Akomodasi Wisata di Kampung Karuhun

                                                            Foto: sumedangtandang.com

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Sumedang, Kampung Karuhun memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap. Akomodasi seperti parkir, toilet, mushala cukup nyaman di sini. Hal penting juga yang bisa dinikmati pengunjung dan biasanya menjadi hal yang ditanyakan adalah penginapan.

Penginapan yang ada di kawasan Kampung Karuhun ini cukup beragam. Bagi keluarga kecil tersedia kamar dengan ukuran yang sesuai dan bagi yang ingin menginap dalam jumlah banyak (14 sampai 20 orang) tersedia penginapan dalam bentuk bale awi, barak kaca, dan barak awi. Tarif penginapan mulai dari Rp.300.000,00 untuk jenis barak kayu.

Kampung Karuhun Sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Musim Pandemi

Musim pandemi yang panjang membuat industri wisata pada umumnya terpuruk dan mengalami kerugian di sana-sini. Namun, kabar baik bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sumedang, karena di daerah ini terdapat sebuah tempat wisata bernama Kampung Karuhun yang secara resmi sudah mendapatkan sertifikat CHSE Sertified dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Apa itu CHSE Sertified? Sertifikat kelayakan ini diberikan bagi tempat wisata yang dinyatakan lulus dan berhasil memenuhi unsur-unsur C (Clean), H (Health), S (Safety), E (Environment). Pada bulan November 2020 ini, wisata Kampung Karuhun yang ada di Sumedang berhasil meraih sertifikat tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah yang memberikan penilaian kelayakan kampung tersebut untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang aman di musim pandemi.

Sebagai destinasi yang terletak di kabupaten wisata, Kampung Karuhun telah memiliki jaminan secara tertulis tentang kondisi kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan lingkungan melalui sertifikat CHSE tersebut. Hal ini juga bisa dibuktikan langsung oleh para pengunjung yang datang ke lokasi. Suasana yang nyaman dengan alam lingkungan, kebersihan yang terjaga, kondisi kesehatan yang diperhatikan serta standar keamanan yang memenuhi syarat.

Liburan di musim pandemi tak perlu bingung lagi mau kemana. Berkunjunglah ke tempat-tempat yang memang memiliki jaminan keamanan bagi kondisi kesehatan Anda saat ini. Kampung Karuhun menyuguhkan suasana alam Sumedang yang sempurna, kelezatan kuliner Sunda yang tak terlupakan dan jaminan keamanan selama musim pandemi yang terjaga di sini.

Ribuan orang berkunjung ke Kampung Karuhun di hari-hari libur. Keramahan masyarakatnya, keindahan alamnya dan kelezatan kulinernya adalah tiga hal berpadu yang bisa Anda nikmati di desa wisata yang satu ini. Belum singgah ke Sumedang jika Anda belum singgah ke Kampung Karuhun.

Diberikannya sertifikat CHSE oleh pemerintah pusat membuktikan kualitas dan pelayanan dari desa wisata Kampung Karuhun memang layak menjadi destinasi wisata bertaraf nasional hingga internasional. Kenyamanan ini bagian dari wisata halal di Jawa Barat yang menarik perhatian wisatawan muslim mancanegara. Nilai religius masyarakat Sunda menjadi jaminan kenyamanan dan keamanan wisatawan muslim mancanegara.

Berkunjung ke Sumedang jangan lupa singgah ke Kampung Karuhun, pesona kampung teduh yang akan menciptakan kenangan indah di pikiran. (Ditulis oleh: Sugiarti/ Nafi'ah al-Ma'rab)

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar