Contoh Outline dan Sinopsis dalam Tulisan

 

Apa itu Outline? 

Outline merupakan kerangka karangan berisi poin-poin penting materi yang akan ditulis dan dikembangkan menjadi buku. Outline digunakan untuk penulisan naskah non fiksi. 

Apa Guna Outline? 

Sebagai acuan menulis agar lebih mudah mengembangkan ide, sebagai rangkuman ide yang akan dikembangkan pada saat menulis. Bagi penerbit, outline buku seorang penulis menjadi gambaran penilaian isi buku yang akan ditulis, dari situ penerbit bisa melakukan penilaian awal. Biasanya juga akan diminta contoh beberapa halaman yang sudah dibuat. 

Apa itu Sinopsis? 

Sinopsis ini semacam outline namun ditujukan untuk tulisan fiksi. Sinopsis berisi tentang tokoh dan karakternya, alur ringkasan singkat cerita yang akan dibuat (setting, konflik, klimaks, ending). 

Apa Guna sinopsis? 

Sinopsis membantu pengarang untuk bisa menyelesaikan tulisannya, tidak ada alasan tidak menemukan ide karena sinopsis sudah dibuat, sama halnya dengan outline.

Contoh Sinopsis:

Sinopsis Novel ‘Lelaki Pembawa Mushaf,
Pengarang: Nafi’ah al-Ma’rab

Tokoh:
1. Syafira: perempuan berhijab syar’i, berparas cantik, lemah lembut, kurang tegas
2. Khalid: anak gaul, berkeinginan kuat, tampan, punya komitmen
3. Yunita: perempuan berhijab modis, penampilan glamour, mudah tertarik dengan sesuatu yang trendy, tidak setia.

Setting: Pekanbaru, Padang, Depok
Tebal halaman: 150 hal

Ringkasan Cerita:

Syafira berhubungan dekat dengan Khalid, sampai-sampai keduanya berjanji untuk menikah. Namun saat orang tua Syafira datang menawarkan Sofyan, seorang pria lulusan Timur Tengah yang juga hafidz Al Quran, ia akhirnya lebih memilih menikah dengan Sofyan.

Khalid putus asa dan pergi meninggalkan kota, ia merantau ke Padang, mengunjungi sahabatnya Ali yang ternyata juga aktivis masjid. Khalid begitu muak dengan nasihat-nasihat Ali, namun Allah memberikan takdir yang berbeda. Khalid akhirnya tertarik belajar Al Quran, hingga akhirnya ia menuntaskan hafalan Al Qurannya. Dengan susah payah Al Quran menghibur hatinya melupakan Syafira. Di sisi yang berbeda, Sofyan tak dikarunia anak bersama Syafira, hingga ibu Sofyan meminta anaknya menikahi Yunita, teman kuliah Sofyan di Mesir.

Mereka menikah, namun Yunita sendiri akhirnya selingkuh dengan teman kuliahnya, karena bosan dengan gaya hidup Sofyan. Sofyan dan Yunita sendiri akhirnya terlibat perseteruan yang akhirnya membuat keduanya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Takdir mempertemukan Syafira dan Khalid kembali, namun bagi Khalid semuanya sudah tak ada yang tersisa. Dia kini hanya ingin menuntaskan hafalan Al Qurannya, itu saja.

Syafira yang telah menjanda tanpa sengaja juga memilih Al Quran dalam hidupnya. Hingga akhirnya keduanya dipertemukan di sebuah Ma’had Al Quran yang ada di Depok. Hingga beberapa hari sebelum rencana pernikahan mereka, takdir kembali berkata lain.

Syafira meninggal akibat penyakit asma yang dideritanya. Dan kesedihan berkepanjangan menghampiri Khalid, ia sangat menyesal dengan sikapnya sendiri. Lalu kebahagiaan bernama sahabat itu datang, Ali menghadiahkan adiknya yang juga hafidz Quran sebagai istri Khalid.

Contoh Outline 

Outline : Pangeran Ideal Buat Penulis
Judul : Pangeran untuk Si Penulis
Alternatif Judul : (judul alternatif yang ditulis di bawah judul utama, biasanya penerbit yang membuat)
Tema : Dunia perempuan
Target Pembaca : Wanita dan Umum
Perkiraan Halaman : ±100 hal
Penulis : Nafi’ah Al-Ma’rab dkk.

Kelebihan Naskah :
1. Memuat beragam persepsi dan beragam kriteria pendamping hidup yang ditulis dari sudut pandang penulis.
2. Dilengkapi dengan tips-tips memilih pendamping hidup.
3. Dilengkapi dengan kisah nyata pengakuan mereka yang telah sukses memilih pasangan hidup.

Sinopsis :

Persoalan jodoh dan upaya mencarinya bagi banyak wanita menimbulkan beragam dilematika kehidupan, jika tidak hati-hati dalam memilih dan menentukannya, maka alamatlah bahtera rumah tangga yang akan dibina terancam karam. Buku ini nantinya akan mengupas tentang berbagai kriteria ‘pangeran hidup’ yang banyak menjadi idaman para wanita sekaligus alasan-alasan logis kriteria tersebut. Ditulis dari sudut pandang para penulis, maka naskah buku ini nantinya akan lebih bernuansa romantik, humor dan inspiratif.

Rencana Kerangka:

PRAKATA BAB I
Jodoh? Dipilih-dipilih!

1. Jodohku Pasti Ada
2. Sendiri dalam Penantian
3. Sang Maha Pemilik

Deskripsi Sub Bab:
1. Penjelasan ringkas mengenai keyakinan setiap kita pasti ada jodohnya.
2. Penjelasan ringkas tentang menyikapi kesendirian sebelum mendapatkan jodoh
3. Penjelasan ringkas tentang kebergantungan hamba pada Sang Pemilik jodoh

BAB II Kriteria Jodoh Pilihan Penulis
1. Kisah 1
2. Kisah 2
3. Kisah 3
4. Kisah 4
5. Kisah 5
6. Kisah 6
7. Kisah 7
8. Kisah 8
9. Kisah 9
10. Kisah 10
11. Kisah 11
12. Kisah 12
13. Kisah 13
14. Kisah 14
15. Kisah 15

Deskripsi Sub Bab: Kisah-kisah tersebut berisi opini para penulis yang didasarkan pada fakta, anggapan maupun pengalaman mengenai kriteria seorang calon pendamping hidup. Seluruhnya ditulis oleh penulis wanita.

BAB III Tips Mencari Pangeran Hidup
1. Tips 1
2. Tips 2
3. Tips 3
4. Tips 4
5. Tips 5

Deskripsi: Menjelaskan beberapa tips ringan yang bisa dilakukan oleh kaum wanita untuk memudahkan mereka menemukan jodoh.

BAB IV Mereka yang Sukses Memilih Pangeran
1. Kisah 1
2. Kisah 2
3. Kisah 3
4. Kisah 4
5. Kisah 5
6. Kisah 6

Deskripsi: Berisi kisah-kisah nyata mereka kaum wanita yang telah berhasil memilih pasangan hidup.

Posting Komentar

0 Komentar