Mau Zakat? Ya ke Rumah Zakat

Kalau nyebut nama lembaga zakat, ntah kenapa yang paling familiar di telinga saya itu Rumah Zakat. Lembaga ini sudah cukup lama berdiri di Pekanbaru sebagai salah satu cabangnya, dan kiprahnya pun sudah diketahui banyak orang. Sore itu (3/6) saya ikut hadir bersama teman-teman FLP lainnya di acara buka bersama yang diadakan oleh Forum Lingkar Pena Wilayah Riau bekerjasama dengan Rumah Zakat. 

 Meski sudah sangat akrab dengan lembaga Rumah Zakat, namun secara detailnya, baru kali ini saya mendengar dan menyaksikan kiprah para relawan yang ada di organisasi itu. Bukan cuma soal kehebatan relawannya yang menjemput zakat dan donasi dari pintu ke pintu, tapi ternyata lembaga ini juga sudah memilih banyak program yang dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat. 

Program Desa Binaan 

Seperti di Riau saja, Rumah Zakat ternyata memiliki dua daerah desa binaan yang dikelola, yakni di daerah Rokan Hulu dan Kepulauan Meranti. Di sana para relawan datang dan memberikan hak-hak para mustahik, membina kehidupan masyarakatnya untuk mendapat kehidupan yang lebih baik. 

Untuk sekelas lembaga zakat yang ada di Riau, hal ini tentu sudah menjadi capaian yang bagus untuk terus dilanjutkan. Memang lembaga zakat itu output akhirnya mensejahterakan masyarakat, dan itulah yang terus dibangun oleh Rumah Zakat. 

Rumah Bersalin Gratis (RBG) 

Hal yang paling saya ingat selanjutnya soal Rumah Zakat itu adalah keberadaan RBG nya yang ada di Jalan Nenas, Pekanbaru. Ya, maklum lah karena saya juga ibu-ibu tentu sangat respon dengan program yang begini. Program ini sangat menyentuh kebutuhan masyarakat, di saat orang antri dan sulit mendapatkan pelayanan BPJS, program Rumah Zakat ini menjadi alternatif untuk keluarga yang kurang mampu mengeluarkan banyak anggaran untuk proses persalinan. 

Buat yang ingin tahu tentang layanan RBG milik Rumah Zakat ini, bisa langsung datang ke gedung nya ya yang ada di Jalan Nenas. Di sana kamu akan disambut para perawat yang baik dan ramah. Masak sih? Ya, karena perawat-perawat di RBG ini setiap pekannya dibina dengan kajian-kajian keislaman, sehingga diharapkan mereka tak sekedar melayani tapi juga meniatkan untuk beribadah dan berbuat baik pada orang lain. 

Program Lain-Lain 

Selanjutnya yang paling dikenal orang lagi di Pekanbaru ini tentang Rumah Zakat adalah sekolahnya. Ya, siapa yang nggak tau SD dan SMP Juara yang ada di Kecamatan Bukit Raya. Sekolah binaan Rumah Zakat ini dikenal melahirkan banyak prestasi siswa-siswanya, padahal mereka diambil dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. 

Rumah Zakat juga saya kenal dengan relawan-relawannya yang ramah dan baik. Dimana ada kegiatan sosial, selalu muncul logo Rumah Zakat sebagai sponsor. Lembaga ini tak pernah berhenti membanntu masyarakat sehingga wajar jika zakat ke Rumah Zakat menjadi pilihan banyak orang. 

Itulah utamanya kalau kita zakat ke lembaga, manfaatnya akan dirasakan lebih luas dan tepat sasaran. Kalau mau zakat, pilihan terbaik memang di Rumah Zakat. 

#flpwilayahriau 
#RumahZakatRiau
 #flpdanrumahzakat 
#zakatdiRumahZakat

Posting Komentar

0 Komentar